maklumat badilag

Written by Syarif on . Hits: 51

Pengadilan Agama Sengkang Mengikuti Kegiatan Analysis Bottleneck dan Pencegahan Perkawinan Anak

            Selasa Tanggal 21-22 September 2021 bertempat di Ballroom Hotel Sermani Sengkang, Pengadilan Agama Sengkang yang di wakili oleh Bapak Marzuki Mekka, S.E., M.Ap. dan Tomi Pramana Putra, S.H. mengikuti kegiatan Analysis Bottlenek dan Pencegahan Perkawinan Anak yang diselenggarakan oleh UNICEF yang bekerjasama dengan Kedutaan Besar Kanada, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan, Pemerintah Kabupaten Wajo dan LPP Bone serta dihadiri oleh Instansi Terkait (Pengadilan Agama Sengkang, Dinas Kesehatan Kab. Wajo, Dinas Sosial Kab. Wajo, Kementerian Agama Kab. Wajo dan Dispora Kabupaten Wajo. Serta seluruh Stekholder yang yang mempunyai keterkaitan dengan Pencegahan Perkawinan Anak.

Pencegahan Perkawinan Anak 1

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Perwakilan UNICEF Wilayah Sulawesi yang di dampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Wajo.

Pencegahan Perkawinan Anak 2

Objek kajian yang menjadi fokus pembahasan dalam kegiatan ini adalah bagaimana perkawinan anak dapat di cegah, sehingga cita-cita dan masa depan anak dapat diwujudkan sebagai generasi penerus bangasa, karena berdasarkan data Dinas Sosial Kabupaten Wajo perkawinan anak di Wilayah Kabupaten Wajo masuk dalam kategori status tinggi, sehingga melalui kegiatan ini dilakukan langkah-langkah kajian yang paling mendasar untuk meminimalisir peningkatan angka dan pencegahan perkawinan anak. Hal ini tidak dapat terlaksana secara optimal jika tidak melibatkan peranan seluruh pemangku kepentingkan untuk mewujudkan visi misi dan komitmen yang tinggi untuk dapat mencegah perkawinan anak. Hasil kajian ini pula akan menjadi rekomendasi dan masukan kepada Pemerintah Kabupaten Wajo sebagai tambahan kajian dalam merumuskan kebijakan Pemerintah dalam mendukung pencegahan Perkawinan Anak di Kabupaten Wajo.

Pencegahan Perkawinan Anak 3

Kita sadari bahwa masa depan anak tidak dapat diwujudkan secara personal dalam lingkungan keluarga semata namun seluruh pemangku kepentigan harus sungguh-sungguh untuk menjalankan peran dimasing-masing kelembaganan terkait sehingga mewujudkan pola kebijakan atupun regulasi yang terintegrasi tanpa tumpang tindih.

Dalam sambutan Kepala Perwakilan UNICEF Wilayah Sulawesi beliau sangat mengapriasi dan mendukung seluruh instansi yang mempunyai dedikasi dan komitmen dalam mendukung pencegahan perkawinan anak, lebih lanjut beliau sangat berharapkan bahwa komunikasi dan koordinasi mengenai pencegahan perkawinan anak tidak hanya terbatas dalam forum ini saja, tetapi beliau mengharapkan komunikasi ini akan berkelanjutan sehingga tantangan problem yang semakin hari semakin kompleks dapat dilakukan monitoring dan kajian secara bersama sehingga mampu melahirkan solusi-solusi terbaik oleh seluruh pemangku kepentingan dalam mewujudkan perncegahan perkawinan anak khususnya di Kabupaten Wajo.

Pencegahan Perkawinan Anak 4

Dengan adanya kegiatan ini pula Pengadilan Agama Sengkang pada khususnya sangat memberikan manfaat karena hasil kajian ini dapat sebagai bahan pertimbangan dan edukasi kepada orang tua dan anak dalam penyelesaian perkara Dispensasi Kawin yang diajukan di Pengadilan Agama Sengkang.

Pencegahan Perkawinan Anak 5

Pengadilan Agama Sengkang juga melalui Ketua Pengadilan Agama Sengkang (Muhammad Surur, S.Ag.) menghimbau kepada Seluruh Aparatur Pengadilan Agama Sengkang agar berkomitmen tinggi sebagai wujud eksistensi dalam mendukung pencegahan Perkawinan anak khususnya di Kabupaten Wajo sehingga Pengadilan Agama Sengkang dapat memberikan peran dalam mempersiapakan anak sebagai generasi penerus Bangsa yang dicita-citakan. #Ewako TIM IT PA. SKG.

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Sengkang

Jl. Akasia No. 7 Sengkang, Kelurahan Bulu Pabbulu Kecamatan Tempe Kabupaten Wajo
Prov. Sulawesi Selatan Kode Pos 906915

Telp  :  (0485) 21891
Fax  :  (0485) 21848

E-mail : 

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

 

Lokasi Kantor PA Sengkang

Media

 

 

 

  FB   IG  youtube

 

Copyright © 2021 Pengadilan Agama Sengkang. All Right Reserved